Tentang Kami

Tentang Vitamin

Percakapan sosial dan sikap kritis dapat dimulai dari bangku sekolah. Kami percaya  menonton film dokumenter adalah cara ampuh untuk memicunya.

Sajian film dokumenter dapat memancing imajinasi, daya kritis, dan empati para peserta didik untuk menerapkan pelajaran di kehidupan nyata. Namun hingga kini, belum ada cara untuk mengakses film dokumenter berkualitas secara praktis dan mengacu pada kurikulum sekolah.

Kami mempersembahkan platform VITAMIN untuk menjawab kebutuhan ini.  VITAMIN adalah platform suplemen edukasi yang menyediakan akses klip dokumenter berkualitas untuk kegiatan pendidikan Dirancang khusus untuk para guru dan murid, VITAMIN menyediakan akses daring dan gratis bagi 30 film dokumenter seputar isu Hak Asasi Manusia, kesehatan, lingkungan, dan literasi.

Anda dapat mengakses klip-klip ini secara online dan gratis. Suplemen VITAMIN ini telah dikemas agar pas untuk pembelajaran murid umur 13-18 tahun. Selain dibuat dalam bentuk klip ringkas, VITAMIN juga menyajikan resep Panduan Belajar tematik untuk setiap film. Klip-klip VITAMIN turut dilengkapi dengan deskripsi audio untuk penyandang tunanetra.

Selain dari kegiatan sekolah, VITAMIN juga dapat digunakan oleh siapa pun yang tertarik bereksperimen menggunakan film dokumenter untuk memantik diskusi perubahan sosial. VITAMIN juga mengundang pecinta film dan penonton dokumenter secara luas untuk menyaksikan sisi kehidupan masyarakat Indonesia yang jarang terungkap di media arus utama.

Kurasi VITAMIN  menyajikan karya-karya yang telah meraih berbagai penghargaan festival film lokal dan nasional—termasuk Penderes & Pengidep (Dokumenter Pendek Pelajar Terbaik, Malang Film Festival (Mafifest) 2014), Daerah Hilang (Finalis 10 Besar,  Festival Film Papua (FFP) 2019); dan Ibu Bumi (pemenang Film Dokumenter Pendek Terbaik, FFI 2020).

Temukan katalog film kami di sini, dan bergabunglah menjadi anggota untuk mendapatkan suplemen VITAMIN secara komplet.

VITAMIN adalah sebuah inisiatif dari In-Docs, dan didukung oleh Yayasan Kurawal, Open Society Foundation, Ford Foundation, dan Kementerian Dalam Negeri.

Untuk guru, orang tua, atau tenaga pengajar lainnya
Anda dapat mengakses berbagai klip dari film dokumenter pemenang penghargaan pilihan VITAMIN secara online dan gratis.

Guna memudahkan Anda membahas suatu tema tertentu, VITAMIN menyajikan Panduan Belajar tematik untuk setiap film. Temukan film yang sesuai dengan tema bahasan kelas Anda di sini.

Untuk peserta didik
Anda dapat menonton klip-klip film di platform VITAMIN secara leluasa tanpa batasan waktu.

Untuk umum
Anda juga dapat menggunakan klip dokumenter VITAMIN sebagai bahan diskusi, ataupun untuk memperkaya pandangan Anda.

TENTANG KAMI

PROGRAM

Yuda, Manajer Program
Mazda, Tika, Hasta, Azel, Staf Program

KURATOR DAN PANDUAN BELAJAR

Kak Kedi, Kak Hanna, Kak Levi, Kak Ais, Kak Laras Kak Max, Pak Nirwanto, Pak Sunardi, Bu Wulan, Pak Nofendra, Bu Khoirah, Pak Arianto, Bu Rona, Kak Burhanudin, Pak Ramdhon, Pak Gun, Pak Arif, Pak Edi, Bu Kasmiati, Kak Sigit, Kak Butet, Pak Anugrah, Pak Boni, Bu Dwi, Pak Hafidz, Pak Irfan, Bu Mariny, Bu Santi, Kak Salsa, Bu Vivi, dan Pak Arifin

DESAIN

Akbar, Desainer

VIDEO

Aris, Video Editor